LOGIKA
- Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)
 
ALGORITMA
- Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
 
- penalaran atau bentuk pemikiran.
 - ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
 
- Langkah - langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
 - Suatu prosedur yang merupakan urutan langkahlangkah yg berintegrasi.
 - Suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)
 
TAHAP PENYELESAIAN
Kriteria Pemilihan Algoritma.
- Ada Output,
 - Efektifitas dan Efesiensi,
 - Jumlah Langkahnya Berhingga,
 - Berakhir, ( SEMI ALGORITMA )
 - Terstruktur,
 
Tahap Menyatakan Suatu Algoritma.
- Dengan bahasa semu (pseudocode).
Pseudo-code adalah kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh seseorang untuk menuliskan algoritma dari suatu permasalahan. Pseudo-code berisikan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan [hampir sama dengan algoritma], hanya saja bentuknya sedikit berbeda dari algoritma. Pseudo-code menggunakan bahasa yang hampir menyerupai bahasa pemrograman. Selain itu biasanya pseudo-code menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal (Bahasa Sehari-hari) dan juga lebih ringkas dari pada algoritma. - Flowchart
Bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial.
Kegunaan:
-Untuk mendesain program
-Untuk merepresentasikan program
-Secara garis besar, unsur-unsur pemrograman adalah Input,Proses,Output. - Dengan Statement program / penggalan Program
 
- Fase Debugging
yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan. - Fase Profilling 
yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging). 
- Waktu Tempuh (Running Time) dari suatu Algortima.
Hal-hal yg dpt mempengaruhi drpd waktu tempuh adalah :
1. Banyaknya langkah.
2. Besar dan jenis input data.
3. Jenis Operasi.
4. Komputer dan kompilator - Jumlah Memori Yang Digunakan.
 
- Banyaknya langkah instruksi harus berhingga,
 - Langkah atau instruksi harus jelas,
 - Proses harus jelas dan mempunyai batasan,
 - Input dan output harus mempunyai batasan,
 - Efektifitas,
 - Adanya batasan ruang lingkup,
 
Konsep Algoritma itu sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :
- Algoritma pe-ubah
Algoritma pe-ubah adalah Variabel yang nilainya BUKAN konstanta (selalu berubah – ubah sesuai dengan pariabel terKINI)
Sintaks : P = Q
Algoritma : P < Q
Arti : Bahwa nilai P diberi harga nilai Q
Nilai P akan sama dengan nilai Q, dan ilai Q tetap - Algoritma Pertukaran
Algoritma pertukaran berfungsi mempertukarkan masing – masing isi Variabel sedemikian sehingga nilai dari tiap Variabel akan berubah / bertukar. 
Sekian pembahasan dari Konsep Dasar Pemrograman Terstruktur. Semoga bermamfaat dan terima kasih.















