LARIK ATAU ARRAY

       Array atau Larik adalah struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen yang bertipe sama yang disimpan ke dalam variabel dengan nama yang sama, setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks array haruslah tipe data yang menyatakan keterurutan, misalnya integer atau karakter.

Variabel Array terdiri dari :
  1.  Array Berdimensi Satu
  2.  Array Berdimensi Dua
Array 1 (satu) Dimensi

Array berdimensi satu dapat dikatakan sebagai suatu daftar yang linier atau sebuah kolom. Bentuk deklarasi dari array jenis ini dalam bahasa C++ adalah :Tipe_Data Nama_Variabel [ukuran];


Array 2 (Dua) Dimensi

Bentuk Umum :
Tipe_Data Nama_Variabel [index-1] [index-2]


Diberikan Matrik A sebagai berikut :
1  1  1  1
0  1  1  1
0  0  1  1
0  0  0  1
Perintah pokok yang digunakan pada pengisian Matriks A adalah:
jawabannya:
Jika i<=j maka A[i,j]=1, Jika i>j maka A[i,j]=0

Penjelasannya:
Matrik A kita kita ganti dengan sitem Array dimensi 2(bisa di mulai dari [0,0] atau [1,1] tergantung dari matriksnya)
[0.0]  [0.1]  [0.2]  [0.3]  =  [1]  [1]  [1]  [1]
[1.0]  [1.1]  [1.2]  [1.3]  =  [0]  [1]  [1]  [1]
[2.0]  [2.1]  [2.2]  [2.3]  =  [0]  [0]  [1]  [1]
[3.0]  [3.1]  [3.2]  [3.3]  =  [0]  [0]  [0]  [1]
[i , j] [i , j]  [i , j]  [i , j]

maka dari penjelasan di atas kita bisa mengambil kesimpulan:
Jika i<=j maka A[i,j]=1, Jika i>j maka A[i,j]=0

Contoh lainya
Diberikan Matrik A sebagai berikut :
1  2  3  4
0  2  3  4
0  0  3  4
0  0  0  4
Perintah pokok yang digunakan pada pengisian Matriks A adalah:
jawabanya :
Matrik A kita kita ganti dengan sitem Array dimensi 2(bisa di mulai dari [0,0] atau [1,1] tergantung dari matriksnya)
[1.1]  [1.2]  [1.3]  [1.4]  =  [1]  [2]  [3]  [4]
[2.1]  [2.2]  [2.3]  [2.4]  =  [0]  [2]  [3]  [4]
[3.1]  [3.2]  [3.3]  [3.4]  =  [0]  [0]  [3]  [4]
[4.1]  [4.2]  [4.3]  [4.4]  =  [0]  [0]  [0]  [4]
[i , j] [i , j]  [i , j]  [i , j]

maka dari penjelasan di atas kita bisa mengambil kesimpulan:
Jika i<=j maka A[i,j]=j, Jika i>j maka A[i,j]=0


Download Data:LARIK ATAU ARRAY
Sekian pembahasan dari Larik atau Array. Saya Mr.JAR mengucapkan terima kasih dan Semoga bermamfaat.
Read More

Struktur Rekursif

Rekursif adalah suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri.

Contoh konsep penggunaan Rekursif
Masalah : Memotong Roti tawar tipis-tipis sampai habis
Algoritma :
1.  Jika roti sudah habis atau potongannya sudah paling
tipis maka pemotongan roti selesai.
2.  Jika roti masih bisa dipotong, potong tipis dari tepi roti tersebut, lalu lakukan prosedur 1 dan 2 untuk sisa potongannya.



Contoh Fungsi Rekursif
a. Fungsi pangkat
b. Faktorial
c. Fibonancy
d. Menara Hanoi

Fungsi Pangkat
Menghitung 10 pangkat n dengan menggunakan konsep
rekursif.
Secara Notasi pemrograman dapat ditulis :
10^0 = 1 ……............……………………..( 1 )
10^n = 10 * 10^n-1 .....................................( 2 )
Contoh :
10^3 = 10 * 10^2
                    10^2 = 10 * 10^1
                                        10^1 = 10 * 10^0
                                                            10^0 = 1


Faktorial
0! = 1
N! = N x (N-1)! Untuk N > 0
Secara notasi pemrograman dapat ditulis sebagai :
FAKT (0) = 1 ........................................................... (1)
FAKT(N) = N * FAKT (N-1).................................... (2)
Contoh :
FAKT(5) = 5 * FAKT(4)
                         FAKT(4) = 4 * FAKT(3)
                                                  FAKT(3) = 3 * FAKT(2)
                                                                           FAKT(2) = 2 * FAKT(1)
                                                                                                    FAKT(1) = 1 * FAKT(0)

Fibonancy
Deret Fibonancy : 0,1,1,2,3,5,8,13,.........
Secara notasi pemrograman dapat ditulis sebagai :
Fibo (1) = 0     &    Fibo (2) = 1 ....................................... (1)
Fibo (N) = Fibo (N-1) + Fibo (N-2) ................................. (2)
Contoh :
Fibo(5) = Fibo(4) + Fibo(3)
                Fibo(4) = Fibo(3) + Fibo(2)
                                Fibo(3) = Fibo(2) + Fibo(1)

Jawabannya:
Fibo(5) = Fibo(4) + Fibo(3) = 7
                      4     +    3
                Fibo(4) = Fibo(3) + Fibo(2) = 4
                                    3       +    1
                                Fibo(3) = Fibo(2) + Fibo(1) = 3
                                                   1        +     0



Langkah pemindahan tersebut diatas dapat diubah dengan notasi sebagai berikut:
Menara (n,asal,bantu,tujuan)

  • Utk jml piringan n>1 dpt dibagi menjadi 3 notasi penyelesaian
  • Menara (n-1, Asal,Tujuan, Bantu);
  • Menara (n, Asal, Bantu, Tujuan); atau Asal > Tujuan;
  • Menara (n-1, Bantu, Asal, Tujuan);
Rumus Langkah Pemindahan :
         2^N-1
N = Jumlah Piringan


Download Data: Struktur Rekursif
Sekian pembahasan dari Struktur Rekursif. Saya Mr.JAR mengucapkan terima kasih dan Semoga bermamfaat.
Read More

Struktur Looping (Perulangan)

Struktur Looping (Perulangan)

Pengertian : Struktur perulangan yang dapat melakukan perulangan sederet intruksi sesuai persyaratan yang ditetapkan.

Bentuk umum penulisan proses LOOP:

  1. Statement While
  2. Statement Do.....While
  3. Statement FOR
    a. Statement FOR Positif
    b. Statement FOR Negatif
    c. Statement FOR Bersarang (Nested LOOP)

  1. Statement While
    Perulangan akan terus dilaksanakan selama syarat tersebut terpenuhi.
    Bentuk umum:
    while (syarat)
              pernyataan;

    atau
    while (syarat)
    {
    pernyataan; pernyataan;
    }

  2. Statement Do.....While
    perulangan akan dilaksanakan terlebih dahulu dan pengujian perulangan dilakukan belakangan.
    Bentuk umum:
    do
         pernyataan;
      while{syarat};

    atau

    do
    {
    pernyataan; pernyataan;
    }
    while{syarat}

  3. Statement For
    Bentuk umum:
    For (inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai)
                   ↑                                                         ↑
    Pemberi nilai awal                          pengatur naik/turun


    - Nested For
      Perulangan for di dalam perulangan for lainnya.
      Bentuk umum:
      For (inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai)
      {
    For (inisialisasi; syarat pengulangan; pengubah nilai)
          {
                perintah;
           }
      }

Perintah BREAK
berfungsi untuk keluar dari suatu loop FOR, DO...WHILE, WHILE.
Bentuk umum:
{
...
...
break;
...
...
}


Download Data : Struktur Looping (Perulangan)
Sekian pembahasan dari Struktur Looping (Perulangan). Saya Mr.JAR mengucapkan terima kasih dan Semoga bermamfaat.


Read More
loading...
loading...
loading...